Hosting Gratis

Web Hosting

rss

Kamis, 13 Mei 2010

Seputar Hacking

Dalam dunia komputer kita mungkin tak lepas dengan yang namanya hacking, akan tetapi hacking selalu di identikan dengan peruask atau troublemaker dalam dunia maya. Istilah hack belum tentu merusak atau acak-acak, namun perlu diketahui bahwa dalam dunia hacking pun terdapat yang namanya aliran hacking putih (white Hat) dan hacking beraliran hitam (Black Hat).
White Hat atau Hacker beraliran putih ditujukan bagi mereka yang memabantu menemukan vulnerability disistem komputer dan kadang juga memberi cara untuk mengatasinya. Sedangkan Black hat atau hacker beraliran hitam mengacu pada orang yang melakukan ekploitasi kelemahan sistem dengan tujuan untuk mendapatkan informasi atau data secara ilegal.
Selain dari White Hat dan Black Hat, dalam dunia hacking juga dikena berbagai maca istilah antara lain cracker(Perusak atau pembobol sebuah sistem, boleh dibilang Black Hat),Script Kddies (Seorang yang mencari tools hacking, kemudian menggunakan tools untuk mencobanya, dalam hal ini orang awam pun akan mengerti bagaimana cara hacking), dan yang terbaru saat ini adalah Ethical Hacker dimana kelompok ini mengacu pada individu-individu yang profesional dan ahli dalam bidang security dalam kata lain mereka menganalisa sebuah sistem dan melakukan hacking namun tidak bertujuan untuk merusak atau mengacak-acak.
adapun fase fase dalam hacking adalah sebagai berikut :

  1. Reconnaisance, dalam fase ini para hacker mencari berbagai macam info terget yang akan dihacking seperti : alamat IP, Nama Domain, teknologi yang digunakan dll. (kalau dalam istilah  anak-anak remaja jika mau mencari cewek namanya PDKT)
  2. Scanning, dalam fase ini seorang hacker melakukan proses pengintaian ke target, dan mencari sistem kelemahan target
  3. Dapatkan Akses, dalam fase ini mencoba untuk memasuki celah atau lubang yang telah ditemukannnya
  4. Mantain Akses, dalam fase ini seorang hacker mulai memasuki lubang atau pintu yang sudah dibuat untuk memasuki celah tersebut boleh dibilang hacker mulai memasuki pintu belakang untuk mulai proses hacking
  5. Covering Tracks, dalam fase ini seorang hacker mulai meninggalkan target atau sudah sukses untuk menghacking namun disinilah kelemahan seorang hacking bahwasannya jejak yang sudah dibuat pasti akan meninggalkan bekas sehingga jejak tersebut dapat terlacak oleh tim forensik.
Dari berbagai uraian diatas dapat kita simpulkan, bahwasannya kita adalah seorang manusia yang tak lepas dari salah dan lupa namun bagaimana kita memperbaiki agar hal yang kita miliki tidaklah digunakan untuk kejahatan akan tetapi gunakan hal-hal yang bermanfaat.

Referensi by JS(JasaKom)

0 komentar:


Posting Komentar

Serba Gratis

Daftar Artikel Populer

Media Curhat


ShoutMix chat widget

Daftar Pengunjung Terakhir

Dapatkan Hal-Hal yang Baru